Minggu, 17 Januari 2016

17 Januari 2016

17 Januari 2016


Hari ini saya ingin mengajak pembaca mendiskusikan padanan bahasa Indonesia istilah asing yang kebetulan saya temui minggu ini:

  1. Edge Screen
  2. Apps Edge
  3. People Edge
  4. Edge Lighting

Mari kita bedah satu persatu

  1. Edge Screen adalah layar lengkung yang berada di tepian bodi ponsel Samsung. Secara harfiah Edge Screen dapat diterjemahkan menjadi layar tepian. Namun demikian demi alasan konsistensi dengan fitur lainnya, saya memandang perlu dicarikan sebuah istilah lain yang nantinya dapat menghindarkan padanan yang dihasilkan dari kemungkinan ambiguitas dan inkonsistensi. Setelah mencari sekian lama, saya akhirnya menemukan istilah Pias yang secara makna merupakan bagian tepi halaman yang tidak bercetak. Sehingga saya mengusulkan agar istilah Layar Pias digunakan sebagai pengganti istilah asing Edge Screen.
  2. Dengan alasan yang sama, saya mengusulkan agar istilah Apps Edge diganti menjadi Aplikasi Pias yang merupakan istilah bagi sederetan aplikasi yang dapat berjalan pada layar pinggir milik ponsel Samsung tersebut.
  3. People Edge merupakan fitur yang memungkinkan pengguna mengelola kontak agar dapat dimunculkan di layar pias. Karena padanan Orang Pias terkesan janggal di telinga, maka saya mengusulkan agar digunakan istilah lain. Pilihan saya jatuh pada Nara yang muradif dengan Orang. Kata Nara umumnya diletakkan di depan, sehingga People Edge dapat disamakan dengan Nara Pias dalam bahasa Indonesia.
  4. Ketika pertama kali membaca Edge Lighting ini, padanan yang muncul pertama kali dalam benak saya adalah Lampu Pias. Ya, Edge Lighting memang memungkinkan pengguna untuk memilih nyala lampu berwarna berbeda untuk kebutuhan tertentu seperti misalnya panggilan telepon masuk dari daftar kontak yang berbeda.
Demikian tulisan sederhana ini saya buat. Kepada pembaca, saya mohon saran dan sumbangsihnya demi kebaikan serta pengembangan bahasa Indonesia kedepannya.

Salam Satu Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar