Kamis, 17 Maret 2016

17 Maret 2016

17 Maret 2016

Menyambung tulisan sebelumnya mengenai perbedaan erase dengan delete, saya mendapati padanan sasap yang saya tawarkan sebelumnya bukanlah istilah yang lazim digunakan oleh orang Indonesia. Oleh karena itu, memilih kata lain yang lebih sering digunakan tentu merupakan suatu keharusan. Setelah mencari-cari dalam kamus, akhirnya saya menemukan kata pupus rupanya lebih pas digunakan sebagai padanan bagi delete. Sementara itu, hapus sebaiknya digunakan sebagain padanan bagi erase karena mempunyai makna menghilangkan tulisan, gambar dan noda sebagaimana ditunjukkan pada kedua kamus bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

Kata lain yang perlu segera ditemukan padanan indonesianya adalah thumbnail yang merupakan istilah khusus dalam bidang Teknologi Informasi. Meskipun dalam glosarium Indonesia kata ini kerap diterjemahkan menjadi gambar kecil, penggunaannya kurang diterima luas oleh masyarakat lantaran pilihan katanya yang cenderung ganjil dan menimbulkan kerancuan. Sayangnya, sampai saat ini saya sendiri belum mempunyai ide mengenai kata apa yang sebaiknya digunakan sebagai padanan thumbnail. Barangkali ada dari pembaca di sini yang mempunyai saran? Saya persilakan untuk meninggalkan komentar di kolom yang tersedia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar