Selasa, 09 Februari 2016

10 Februari 2016

10 Februari 2016

Kata yang menunjukkan keterangan hari seperti besok, esok dan kemarin merupakan kata yang terbilang sering dipakai dalam bahasa sehari-hari, Meski untuk pemakaian formal menyebutkan tanggal dan nama hari lebih tepat untuk digunakan, namun penggunaannya dalam bahasa lisan tentu tetap perlu untuk diperhatikan. 

Dalam KBBI edisi keempat, lusa merupakan hari sesudah besok alias dua hari dari sekarang. Sementara, kemarin dulu merupakan hari sebelum kemarin atau dua hari yang lalu. Kebiasaan menyebut peristiwa yang terjadi dua hari lalu dengan kemarin lusa tentu merupakan kebiasaan salah yang sayangnya kerap sekali mendapatkan pembenaran dengan seringkalinya kata ini ditayangkan di televisi.

Kata kemarin juga sering digunakan secara salah dengan mendampingkannya dengan kata minggu atau pekan. Kesalahan dalam penggunaan ini biasanya bersumber dari kebiasaan lisan masyarakat Jakarta yang dipengaruhi oleh bahasa betawi dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan untuk kata esok, kata ini biasanya untuk menunjukkan waktu di masa datang tanpa ada keterangan kapan waktu persisnya akan terjadi.

Bagi Anda para penggemar karya sastra, kata seperti tulat dan tubin juga cukup sering digunakan untuk menunjukkan peristiwa yang terjadi masing-masing pada tiga hari dan empat hari dari sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar